Begini Jadinya iPhone 6 Dihantam Peluru AK-47

Tiap kali Apple meluncurkan iPhone terbaru, beberapa pertanyaan standar siap dijawab. Yakni terkait resolusi layar, ketahanan baterai, dan kualitas kamera.

Namun ada pertanyaan-pertanyaan unik yang barangkali tak pernah terpikirkan oleh pihak Apple dan kebanyakan orang. Misalnya “Berapa banyak jajaran iPhone yang harus disiapkan untuk menahan peluru dari senapan AK-47?”.

Pengguna YouTube dengan akun EverythingApplePro berusaha menjawab pertanyaan itu. Perlu diketahui, AK-47 adalah senapan yang dirilis tahun 1974 dan digunakan pada konflik Rusia-Afganistan pada 1979.

Senapan ini dibuat langsung oleh teknisi militer kenamaan, Mikhail Kalashnikov. AK-47 bisa melontarkan peluru dengan kecepatan 884 meter per detik. Jadi, kembali lagi, berapa iPhone yang harus dikorbankan untuk menahan peluru tersebut?

Untuk menemukan jawabannya, EverythingApplePro membuat penyandang ponsel dari kayu. Di situ dibariskan delapan ponsel. Simak videonya dari tautan ini.

Pada garda depan diletakkan tiga iPhone 6 Plus, menyusul dua iPhone 6s. Setelahnya ada satu iPhone yang lebih kecil, satu iPhone “KW”, dan sebuah Samsung Galaxy S6. Penembak berdiri kira-kira dua meter di depan barisan iPhone.

Setelah pengujian pertama, ternyata peluru dari AK-47 tersebut mampu menembus lima iPhone terdepan. Tiga ponsel setelahnya aman dari peluru. Namun, pada pengujian pertama, peluru menyentuh penyangga kayu, sehingga hasil dinilai tak akurat.

Selanjutnya dilakukan pengujian kedua yang lebih tepat menembak bagian tengah ponsel. Hasilnya, enam ponsel dirusaki peluru. Tapi, pada ponsel keenam, hanya layar yang pecah. Ketika dihidupkan, ponsel masih bisa bekerja normal.

Melihat spesifikasi peluru, ketahanan iPhone dinilai cukup kuat menghadang serangan. Namun tetap saja, iPhone adalah ponsel cerdas, bukan peralatan anti peluru. Jadi, jangan alihfungsikan perangkat cerdas ini sebagai pengaman tubuh Anda dari tembakan.